Tak Hanya untuk MotoGP, Jokowi Minta Sirkuit Mandalika juga Gelar F1

Desain Sirkuit Mandalika.
Desain Sirkuit Mandalika. (net)

KLIKPOSITIF -- Presiden Indonesia, Joko Widodo mengarahkan agar Sirkuit Mandalika juga dapat menyelenggarakan turnamen balap mobil Formula 1. Hal tersebut dilontarkan oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation, Abdulbar M Mansoer.

Presiden yang akrab disapa Jokowi itu menilai bahwa diadakannya turnamen jet darat tersebut bisa memberikan keuntungan bagi Indonesia terutama di sektor wisata. "Beliau menyampaikan bahwa F1 ini bisa untuk ‘country branding’ Indonesia dalam memperkuat ‘sport tourism’,” kata Abdulbar.

baca juga: Dani Pedrosa Jadi Sorotan Usai KTM Sukses di Ceko, Beirer: Kami Tidak Mencontek

Abdulbar juga menjelaskan progres pembangunan Sirkuit Mandalika yang baru akan dimulai pada Oktober 2019. Pembangunan jalan sepanjang 4,3 Km itu ditargetkan membutuhkan waktu selama 12 bulan.

“Kami mendapatkan kepastian dari sang arsitek treknya bahwa bentuknya tak perlu diubah, hanya ada perlakuan untuk top soil dan ada beberapa sinyal atau sensor yang harus ditambahkan. Tapi tidak mengubah secara signifikan baik dari finansial maupun sisi teknis jalan,” tambahnya.

baca juga: Tak Bertaji di MotoGP, Pengamat Sebut Honda Buat Kesalahan

Sebagai informasi tambahan, sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini akan menyajikan sesuatu yang istimewa. Sebab, akan menjadi yang sirkuit pertama dalam sejarah MotoGP yang digelar di jalan raya dengan memenuhi standar keamanan tingkat tinggi. (*)

sumber: Indosport

baca juga: Repsol Honda Kehilangan Taring Tanpa Marquez

Penulis: Agusmanto