2000 Pelari akan Meriahkan BRI Mandeh Run 2019

Komisaris Utama BRI, Andrinof Chaniago memberikan kata sambutan  saat junpa pers BRI Mandeh Run 2019
Komisaris Utama BRI, Andrinof Chaniago memberikan kata sambutan saat junpa pers BRI Mandeh Run 2019 (Riki S/Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF   – BRI Mandeh Run 2019 berhadiah Rp400 juta, bakal segera digelar untuk pertama kalinya di kawasan wisata Mandeh , Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, pada 3 Maret 2019 mendatang.Bahkan, ivent lari berskala international tersebut, antinya akan diikuti oleh 2000 peserta.

Komisaris Utama BRI, Andrinof Chaniago, mengatakan, iven ini digelar selain untuk mempopulerkan gerakan hidup sehat, juga bertujuan untuk menampilkan keindahan alam di kawasan Wisata Mandeh yang sering kali disebut sebagai “The Hidden Paradise” di Sumatera Barat.

baca juga: Wisatawan China Juga Kunjungi Mandeh, Ini Klarifikasi Hendra Joni

"Ivent lari ini diprakarsai oleh Karambia Runners dan BRI Runners Chapter Padangbaru, dan persiapan ivent ini baru berjalan 1,5 bulan ini," kata Andrinof saat jumpa pers BRI Mandeh RUN 2019 di Restoran Sederhana Padang, Selasa, 5 Februari 2019.

Meski waktu persiapan baru berjalan 1,5 bulan, mantan Kepala Bappenas itu mengaku optimis kegiatan BRI Mandeh Run 2019 yang akan diikuti oleh 2000 peserta, akan berjalan lancar dan sukses, apalagi kegiatan tersebut juga didukung oleh Kementerian Pariwisata.

baca juga: Pessel dan Dharmasraya Tak Masuk Kalender Iven Pariwisata Sumbar 2020

“Persiapan kita baru dimulai 1,5 bulan lalu. Biasanya kalau negara lain mengadakan ivent international, persiapannya delapan bulan. Jadi, ini tantangan bagi kami sebagai penyelenggara,” ujarnya. 

BRI Mandeh Run 2019 nanti diyakini Andrinof bakal meriah, karena juga dihadir sejumlah Seleb Run seperti Ibnu Jamil dan Melissa Karim. Bahkan, Seleb Run itu nantinya akan ikut berlari dan berkompetisi bersama  perserta lari lainnya.

baca juga: Kementerian PU-PR Janji Tingkatkan Pembangunan Jalan KWBT Mandeh

Kemudian di samping itu, juga hadir artis Ibu Kota, Cita Citata, yang nantinya akan menjadi bintang BRI Mandeh Run. "Jadi, kami optimis  ivent lari international di Mandeh itu bakal meriah, apalagi juga didukung penuh oleh BRI sebagai sponsor tunggal," bebernya.

Ia berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemkab Pessel, pihak kepolisian, TNI, termasuk masyarakat, ikut serta menyukseskan kegiatan BRI Mandeh Run 2019 agar berjalan lancar. “Mari sukseskan kegiatan ini, supaya ke depan bisa menjadi agenda tahunan di kawasan Mandeh ," imbuhnya.

baca juga: 48 Pelari Asing Bakal Ramaikan BRI Mandeh Run

Race Didrektor BRI Mandeh Run 2019,  Imam Al Akbari, mengatakan bahwa sejauh ini, sudah ada sekitar 800 peserta yang mendaftar, dan 78 di antaranya merupakan warga peserta dari Negara Kenya, Nigeria da Prancis.

“Jumlah ini akan terus bertambah, karena persiapan BRI Mandeh Run 2019 masih ada sekitar 1,5 bulan lagi. Bagi masyarakat yang ingin ambil bagian pada kegiatan tersebut, nantinya bisa registrasi langsung di BRI wilayah Padang dan BRI wilayah Painan,” katanya.

Untuk kategori lari, katanya menjelaskan, terbagi tiga, yaitu 5K, 10K dan 21K. Sedangkan kategori 21K, juga terbagi menjadi dua, yaitu Nasional dan International. Sedangkan untuk usia peserta, minimal usia 9 tahun untuk 5K, usia minimal 13 tahun untuk 10K, usia minimal 17 tahun untuk 21K Nasional dan International.

Bagi peserta yang mendaftar, nantinya akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp100 ribu untuk 5K, Rp175 ribu untuk 10K, Rp300 ribu untuk 21K Nasional dan Rp350 ribu untuk 21 K International. “Setiap peserta nantinya juga akan diberikan jersey lari. Para pelari nantinya akan memperebutkan hadiah hingga Rp400 juta,” bebernya.

Sekdakab Pessel, Erizon MT, mengapresiasi BRI yang akan mengadakan ivent BRI Mandeh Run 2019, karena melalui kegiatan tersebut, maka jumlah wisatawan yang datang ke Mandeh akan terus meningkat.

“Kami berterimakasih kepada BRI yang telah menggagas kegiatan ini. Kami di Pemkab Pessel, siap untuk mendukung kelancaran ivent ini. Bahkan, Walinagari, Camat, dan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Pessel, serta masyarakat akan kami libatkan,” katanya.(*)

Penulis: Riki Suardi