Sumbar Ikuti 25 Cabor di PON XX Papua

Ketua KONI Sumbar Syaiful
Ketua KONI Sumbar Syaiful (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Sumatera Barat ikuti 25 cabang olahraga (cabor) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua Oktober 2020. Hal itu disampaikan pada penetapan TC berjalan PON Sumbar tahun 2020 di salah satu hotel di Kota Padang.

Ketua KONI Sumbar Syaiful mengatakan Sumbar akan mengikuti 25 cabang olahraga dengan 144 atlet yang telah ditetapkan. "Dengan adanya penetapan ini, maka akan dilaksanakan TC berjalan selama 6 bulan mulai Februari hingga Juli. Setelah itu kita akan lakukan TC terpadu selama 2,5 bulan," katanya, Kamis, 9 Januari 2020.

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

Pemilihan 25 cabor itu memang olahraga yang diperlombakan di PON. "Dan kita lolos di PON. Sebelumnya cabor itu juga telah lolos di Pra PON dan Porwil," tuturnya.

25 cabor itu yakni Atletik, Angkat berat, Angkat besi, Binaraga, Balap motor, Bola basket, Billiar, Catur, Cricet, Dayung, Gulat, Gantole-Paralayang, Karate, Kempo, Layar, Muaythai, Menembak, Panjat Tebing, Panahan, Pencak Silat, Renang, Sepaktakraw, Senam, Selam, Taekwondo, Tarung Derajat, dan Tinju.

baca juga: Perpanjang PSBB, Pemkab Pasbar Persiapkan Hal Ini

Ia mengatakan TC terpadu akan dilakukan dengan pelatihan mental. "Tempat untuk pelatihan ini maaih belum kita putuskan, namun ada tiga tempat pelaksanaan, yakni di TNI 123, Padang Sarai atau di Angkatan Laut. Pelatihan ini supaya atlet memiliki kekuatan mental menuju PON XX Papua ," tuturnya.

"Kita berharap atlet bisa memanfaatkan pelatihan ini dengan baik. Sehingga memperoleh hasil yang baik dan maksimal," tuturnya.

baca juga: PSBB Tahap III Diberlakukan, Pemkab Pasbar Mulai Sosialisasikan New Normal

Selain itu, nantinya juga akan dilakukan masa try out. "Pada masa try out harus jelas. Iven mana yang akan dilakukan try out dan dimana pelaksanaannya. Untuk saat ini daerah yang akan dituju belum tergambar. Nanti akan kita petakan lagi," jelasnya.

Ia menuturkan TC berjalan akan dilaksanakan di cabang- olahraga seperti Gor Haji Agus Salim Padang (GHAS), Universitas Negeri Padang (UNP) dan seputaran wilayah di Kota Padang. (*)

baca juga: Pemko Padang klaim Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 Klaster Pengambiran

Penulis: Fitria Marlina | Editor: Rezka Delpiera