Danau Singkarak Belum Masuk Rute TdS 2019, Ini Tanggapan Pemkab Tanah Datar

"Jika Danau Singkarak tak masuk rute, Pemkab Tanah Datar akan mempertimbangkan keikutsertaannya dalam TdS "
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Event balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2019 belum dipastikan apakah akan melintasi rute Danau Singkarak atau tidak.

"Dari hasil rapat koordinasi kabupaten/kota se Sumbar di Batusangkar, belum ada keputusan resmi dari panitia apakah akan melewati Danau Singkarak atau tidak, penetapannya nanti setelah survei terakhir,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Rabu 11 September 2019.

Abdul Hakim menyebut sesuai arahan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bahwa salah satu rute TdS harus melewati Danau Singkarak dan hal ini sudah disampaikan dalam rapat koordinasi tersebut.

“Sesuai arahan pimpinan, TdS harus melewati Danau Singkarak. Maka kita usulkan pada Etape 1, jika tidak memungkinkan maka harus pada Etape 6,” tegas Abdul Hakim.

Ia menjelaskan pada Etape 1 yang Grand Start di Pantai Gondoriah Kota Pariaman dan Finish di Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar, ditambah rutenya melewati Danau Singkarak.

Jika sebelumnya pebalap langsung masuk ke arah Kubu Kerambil Batipuh maka ditambah ke arah Ombilin tepi Danau Singkarak.

Sementara pada Etape 6, semula start di Dermaga Singkarak menuju Solok Selatan dipindahkan ke Arosuka dan jika ditambahkan mengelilingi Danau Singkarak akan melebihi standar jarak.

Abdul Hakim menyampaikan bahwa panitia akan turun ke lapangan melakukan survey ketiga. “Untuk kepastian rute ini, tim turun kembali melakukan survei, yang jelas semua telah sepakat harus melalui Danau Singkarak,” tuturnya.

Sementara, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melalui pesan elektronik menyebutkan bila TdS 2019 tidak melalui Danau Singkarak, maka pemerintah daerah akan mempertimbangkan keikutsertaannya dalam event bertaraf internasional ini.

[Irfan Taufik]