Jika Pasbar Tak Siap, Pemko Pariaman Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Porprov Sumbar

Wali Kota Pariaman, Genius Umar
Wali Kota Pariaman, Genius Umar (Istimewa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF -- Kota Pariaman siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke XX tahun 2020, jika memang Pasaman Barat (Pasbar) mengundurkan diri sebagai tuan tuan rumah pada Porprov 2020 mendatang.

Perihal itu dikatakan oleh Wali Kota Pariaman , Genius Umar di sela-sela waktunya, Rabu 7 Agustus 2019.

baca juga: 250 Personel Disiagakan untuk PSBB Libur Lebaran di Pariaman

"Jika memang Pasaman Barat mengundurkan diri sebagai tuan rumah, hari ini juga saya akan kirimkan surat ke Gunbernur Sumbar tentang Kota Pariaman siap menjadi tuan rumah Porprov 2020 mendatang," kata Genius Umar di Pariaman , Rabu 7 Agustus 2019.

Bahkan, untuk kesiapan helatan olahraga itu, Genius Umar telah berkomunikasi dengan Bupati Padang Pariaman untuk bisa menempatkan beberapa venue di Padang Pariaman dan sebagian lainnya di Kota Pariaman .

baca juga: Lebaran di Tengah Pandemi COVID-19, Begini Aturannya di Pariaman

"Untuk venue saya juga sudah mendatangi Bupati kemarin dan siap membantu Kota Pariaman . Karena pada Porprov tahun lalu ketika Padang Pariaman menjadi tuan rumah porprov beberapa venue-nya juga ada di Kota Pariaman , walaupun secara penyelenggaraan semua panitia itu berasal dari Padang Pariaman waktu itu," kata Genius.

Ia melanjutkan, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni juga bersedia membuatkan surat dukungan agar Kota Pariaman menjadi tuan rumah porprov. Ia menyakini persiapan porprov di Kota ini akan jauh lebih matang, mengingat banyaknya fasilitas olahraga yang sedang dibenahi.

baca juga: Lebaran Saat PSBB Masih Berlaku, Objek Wisata Pariaman Terpaksa Ditutup

"Kita yakin persiapannya akan jauh lebih hagus, karena banyak fasilitas olahraga yang sedang dipersiapkan di Kabupaten Padang Pariaman yang dalam waktu dekat ini akan siap, begitu juga dengan fasilitas olahraga di Kota Pariaman juga sedang dibenahi saat ini," katanya

Genius mengatakan untuk fasilitas di Kota Pariaman sendiri saat ini Gedung olahraga (GOR) Pauh sedang dilakukan pembangunan, begitu juga dengan GOR Rawang yang sedang diperbaiki, dan GOR Sutan Bujang Karan Aur juga akan dilakukan renovasi untuk mematangkan persiapan itu.

baca juga: Peras Pasangan yang Lagi Pacaran, Satu Pelaku Diamankan Polisi di Pariaman

"Dengan fasilitas itu kita yakin dan optimis bisa menyukseskan event olahraga ini di Kota Pariaman ," ujarnya.

Tidak hanya persiapan sarana olahraga saja kata Genius Umar, pihaknya juga akan mendorong Koni Kota Pariaman untuk bergerak mempersiapkan atlet yang akan bertanding pada Porprov tersebut, agar Kota Pariaman bisa memiliki prestasi dalam ajang itu.

"Ya kami akan mendorong juga KONI Pariaman untuk mampersiapkan para atlet yang turun di Porprov tersebut," katanya.

[Rehasa]

Penulis: Iwan R