Quartararo, Pebalap Muda yang Bakal Menyulitkan

"Quartararo jelas menunjukkan potensinya, walaupun akhirnya tak finis karena masalah teknis"
Fabio Quartararo (net)

KLIKPOSITIF-Fabio Quartararo pebalap dari Petronas Yamaha SRT bakal menjadi salah satu pebalap baru yang berpeluang besar menyulitkan Marc Marquez. Pada MotoGP di Jerez Spanyol Minggu 5 Mei kemaren, Quartararo jelas menunjukkan potensinya, walaupun akhirnya tak finis karena masalah teknis.

Quartararo, sebagai pebalap baru atau rookie mencetak rekor pembalap termuda yang pole position di MotoGP. Dengan catatan waktu tercepat 1 menit 36,880 detik saat kualifikasi, Sabtu (4/5), El Diablo memecahkan rekor pole 2018 milik Cal Crutchlow di Circuito de Jerez – Angel Nieto.

Catatan waktu Quartararo itu juga otomatis mematahkan rekor pole sitter termuda dalam sejarah kelas premier balap dunia Grand Prix yang selama ini dipegang Marquez.

Quartararo merebut pole position di MotoGP pada usia 20 tahun dan 14 hari, yang mana sebelumnya catatan tersebut dipegang Marquez dengan usia 20 tahun dan 62 hari.

MotoGP Spanyol seharusnya berakhir menyenangkan bagi Fabio Quartararo. Sayang, masalah teknis membuyarkan harapan sang rookie. El Diablo menorehkan sejarah sebagai pembalap termuda yang pole position pada usia 20 tahun dan 14 hari. Ia mematahkan rekor milik Marc Marquez (20 tahun dan 62 hari).

Pada awal balapan pun Quartararo juga menunjukkan kualitas yang baik. Selepas start, awalnya, berjalan baik-baik saja. Walau kehilangan posisi pertama, Quartararo tetap tiga besar – di belakang rekan setim Franco Morbidelli dan Marquez.

Ketika balapan memasuki Lap 11, pembalap Petronas Yamaha SRT itu menyalip Morbidelli untuk urutan kedua. Mulai memburu Marquez, namun sial bagi Quartararo. Selang tiga lap, ia dihantam masalah teknis. Dari tayangan ulang terlihat, ia tak dapat melakukan perpindahan gigi.

“Balapan sangat bagus. Saya merasa sangat baik di atas motor. Luar biasa balapan bersama para pembalap top. Itu masalah teknis kecil pada perpindahan gigi. Sesuatu yang sangat kecil, tetapi harus ... Baca halaman selanjutnya