Penggunaan Helm Homologasi di MotoGP Ditunda

"Aturan helm ini termasuk dalam regulasi yang telah diperbarui musim ini."
MotoGP (net)

KLIKPOSITIF-Penggunaan helm homologasi pada MotoGP akhirnya ditunda hingga 3 Juni 2019. Aturan helm ini termasuk dalam regulasi yang telah diperbarui musim ini.

Dalam pertemuan terakhir sebelum tes Sepang lalu, diputuskan penundaan. Alasannya karena banyaknya permintaan terlambat untuk homologasi balap FIM yang diterima dari pabrikan helm sirkuit balap sejak awal tahun dan memungkinkan waktu untuk menguji helm di laboratorium.

Pertemuan tersebut dihadiri Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports S.L.), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA), Takanao Tsubouchi (MSMA), serta Komisi World Superbike, yakni Gregorio Lavilla (Dorna) dan Franck Vayssie (FIM).

Dengan begitu hingga 2 Juni 2019, kejuaraan dunia Grand Prix dan WorldSBK akan memungkinkan penggunaan helm ECE, Snell, JIS dan FRHPhe-01.

Pada event pertama 2020, penggunaan helm homologasi FIM akan wajib tanpa kecuali untuk semua disiplin balap. Tidak ada jaminan diberikan bahwa helm akan dihomologasikan untuk musim 2019 kecuali jika mencapai laboratorium, dengan dokumen yang diperlukan disetujui, sebelum akhir Februari.

Situs www.frhp.org akan diperbarui setiap hari dengan daftar helm dan helm homologasi yang sedang diuji. Waktu dan ambang batas mengenai fase kedua Program Homologasi Balap FIM untuk helm (FRHPhe-02) ditunda hingga pertemuan berikutnya dengan produsen helm diorganisir, sementara pertengahan 2019.