Hari Ini Adalah Balapan Tour de Singkarak yang Sesungguhnya

"Setiap pebalap dari luar ingin melihat danau yang menjadi nama balapan ini,"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

SINGKARAK, KLIKPOSITIF -- Tour de Singkarak hari ini memasuki etape ketiga dengan memulai balapan dari dermaga di tepian Danau Singkarak. Ini menjadi balapan dan "tour" sesungguhnya di mana para pebalap akan menyaksikan keindahan bentangan alam di sekeliling danau.

"Setiap pebalap dari luar ingin melihat danau yang menjadi nama balapan ini," kata Robert Muller.

Robert merupakan pebalap dari Jerman yang telah beberapa kali mengikuti TdS. Seperti kata Robert banyak pebalap yang penasaran bagaimana rupa danau yang namanya diangkat menjadi nama sebuah lomba tingkat internasional.

Sejatinya, nama Tour de Singkarak yang pertama kali digelar pada 2009 ini memang dicatut dari nama danau terbesar di Sumatra Barat tersebut. Olahraga dan pesona alam dipadukan dengan ragam budaya sebagai corong promosi wisata.

Pada etape 3 ini Robert dan seluruh pebalap akan menempuh rute sepanjang 150.4 kilometer. Sebelum terus meluncur ke garis finis di Pagaruyung Batusangkar, para pebalap akan mengitari Danau Singkarak. Setelah start para pebalap akan berpacu jadi yang tercepat dan melewati tiga titik sprint dan dua titik King of Mountain (KOM).

Setelah mengayuh sepeda sejauh 21,7 kilometer dari garis start, para pebalap akan melewati titik sprint pertama di daerah Malalo. Kemudian para sprinter akan bertarung lagi di titik kedua pada kilometer ke-95 di kawasan Batipuh. Pagaruyung akan menjadi pertarungan sprint terkahir. Titiknya terletak kurang lebih 30 kilometer dari finis.

Raja Tanjakan masih didominasi oleh
Rezvani Gilkolaei Morteza dari tim Omidnia Mashhad Iran. Seperti dua etape sebelumnya, hanya ada dua titik KOM pada etape 3 ini. Pertama berada di Malalo dengan jarak 15.8 kilometer dari start dan yang kedua dengan ketinggian 868 meter dari permukaan laut berada di daerah Bati Putih berjarak 99.5 kilometer dari start. Rute ini bisa menjadi upaya mempertahankan gelar Raja ... Baca halaman selanjutnya