Etape Terpanjang dalam Sejarah TdS, Pebalap: Balapan yang Sulit

"Para pebalap harus menempuh jarak 204.1 kilometer dari Sawahlunto hingga garis finis di Dharmasraya"
Pebalap Jerman Robert Muller (KLIKPOSITIF/Ramadhani)

DHARMASRAYA, KLIKPOSITIF -- Etape 2 yang digelar hari ini Senin, 5 November 2018 menjadi etape dengan jalur terpanjang dalam sejarah Tour de Singkarak (TdS). Para pebalap harus menempuh jarak 204.1 kilometer dari Sawahlunto hingga garis finis di Dharmasraya.

Jarak tempuh yang begitu jauh ini ternyata ini menjadi rintangan yang tak mudah bagi pebalap sepeda profesional sekalipun. Robert Muller, pebalap Jerman yang finis di urutan kedua mengakui jika jarak tempuh yang begitu jauh membuat balapan menjadi sangat sulit.

“Rutenya begitu panjang membuat balapan ini jadi sulit. Saya berusaha fokus dan terus memacu,” katanya.

Untuk jarak lebih dari 200 kilometer itu Muller menempuh waktu selama 5 jam 7 menit 33 detik. Dia Hanya tertinggal 3 detik dari juara Oleksandr Polivoda.

Daniel Bichlmann yang tergabung dalam Tim Bike Aid Dari Jerman mengutarakan hal yang sama. Menurutnya jarak 200 kilometer lebih sangat sulit untuk ditaklukkan. Apalagi pebalap tidak mengetahui kondisi fisik jalanan yang akan mereka lalui.

“Akan lain ceritanya jika jarak balapan hanya 150 kilometer atau kurang dari itu,” ujarnya.

Sebelumnya jarak terpanjang yang pernah ditempuh pebalap TdS hanya 204 kilometer. Rute pada etape 3 TdS 2013 tersebut membentang dari Padang hingga finis di Batusangkar. Pebalap tercepat waktu itu adalah pebalap berkebangsaan Jerman Johan Coenen. Coenen yang tergabung dalam tim Team Differdange - Losch dari Luksemburg berhasil mencatatkan waktu 5 jam 22 menit 29 detik.

Selain dua rute di atas belum ada rute Tour de Singkarak yang mencapai 200 kilometer atau lebih. Satu lagi rute yang lumayan panjang yang pernah digelar di TdS adalah jalur Solok Selatan-Sawahlunto dengan jarak 182 kilometer. Digelar pada etape ke-4 TdS 2015, pebalap Iran Amir Kolahdozhagh menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 4 jam 30 menit 11 detik.

Walau hanya lebih panjang 100 meter dari rute ... Baca halaman selanjutnya