Wajib Tahu! Ini Aturan Ketat untuk Perokok di Asian Games 2018

"Penerapan aturan tersebut sudah terlihat jelas di Stadion Patriot Candrabaga yang jadi venue pertandingan sepak bola Grup A Asian Games 2018"
Asian Games 2018 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Suporter Timnas Indonesia U-23 yang terbiasa menonton pertandingan Asian Games 2018 di stadion dengan merokok siap-siap bakal dibuat tak nyaman oleh panitia. Pasalnya, ada aturan ketat yang dikeluarkan oleh Panitia Penyelanggara Asian Games (INASGOC) soal asap rokok.

Penerapan aturan tersebut sudah terlihat jelas di Stadion Patriot Candrabaga yang jadi venue pertandingan sepak bola Grup A Asian Games 2018. Para petugas keamanan dari kepolisian dan sukarelawan melakukan razia ketat terkait rokok dan alat pemantik api.

Ketika hendak memasuki area stadion, para penonton harus melewati pemeriksaan barang bawaan dan juga fisik. Untuk barang bawaan, pemeriksaan dilakukan oleh alat khusus. Adapun untuk fisik, terdapat petugas-petugas yang disediakan untuk memeriksa. Barang-barang yang dilarang masuk stadion berupa alat pemantik api yakni korek gas dan juga botol air mineral.

Untuk penonton yang kedapatan membawa korek gas, nantinya akan disita oleh petugas keamanan. Adapun untuk botol air mineral akan dipindahkan ke plastik. Selain itu, penonton yang masih membandel karena ketahuan merokok akan mendapatkan teguran lisan.

"Mohon maaf mas, merokoknya jangan di dalam stadion. Merokok hanya diperbolehkan di luar stadion," kata salah seorang sukarelawan yang dikawal anggota kepolisian.

Peraturan ini sengaja dibuat agar venue pertandingan Asian Games 2018 steril dari asap rokok. Sebab, memang sudah seharusnya tempat-tempat olahraga seperti stadion bebas dari asap rokok yang merusak kesehatan. Sejatinya event-event internasional aturan ketat bagi perokok diberlakukan beberapa tahun terakhir.

Namun bukan rahasia umum lagi, kalau aturan tersebut kerap disepelekan penikmat olahraga Tanah Air. Pemandangan orang merokok di venue olahraga terjadi di mana-mana, sekalipun panpel pelaksana event memberlakukan larangan merokok. Baru pada Asian Games 2018 ini pengawasan soal aturan main ini ... Baca halaman selanjutnya