Mesin Baru Honda di MotoGP Dinilai Lebih Kompetitif

"Sehingga membantu pembalapnya untuk berkompetisi di trek lurus"
Cal Crutchlow (Alpinestars)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Pabrikan Honda di MotoGP telah melakukan pengembangan mesin terbaru untuk menopang peforma motor RC213V di balapan musim 2018 ini.

Pengembangan tersebut dilakukan setelah pembalap mengeluhkan kendala motor yang cenderung melempem di trek lurus. Namun, sekarang keadaan telah berbeda.

Di beberapa tes dan balapan, Honda lebih memilih tipe mesin yang agresif, sehingga membantu pembalapnya untuk berkompetisi di trek lurus.

Kemajuan mesin Honda dirasakan oleh pemuncak klasemen sementara MotoGP Cal Crutchlow. Agresifitas mesin baru ini telah membantunya mengalahkan Johann Zarco di seri Argentina lalu.

"Mesin sekarang kuat, dan tentu, kami lebih kompetitif. Semua pembalap Honda kini lebih kompetitif tanpa perlu mengambil banyak risiko," katanya.

Meski lebih kuat, tapi bukan berarti tanpa kelemahan. Bagi dia, motor RC213V dengan mesin baru yang sekarang menjadi lebih sulit dikendarai.

"Menurut saya, kami harus mengurasi risiko di tikungan. Tapi dalam perubahan arah, tikungan ke tikungan, akselerasi sebenarnya lebih sulit daripada tahun lalu," sebut dia

"Hanya di trek lurus kami punya tenaga lebih. Anda bisa lihat, saya mampu kompetitif dan menyalip Johann dengan mudah ketika saya menginginkannya," tambahnya.

Dengan kondisi seperti itu, Crutchlow masih mencoba menyempurnakan pengaturan motor tersebut bersama tim.

"Tapi ini hanya alat. Saya masih tidak berpikir kami memiliki motor tercepat di trek lurus. Kami terus bekerja sebagai pabrikan, pembalap dan tim untuk membuat mesin dan motor menjadi lebih kuat lagi," pungkasnya.(*)

Sumber: Motorsport