Dorna Sport Panggil Seluruh Pembalap MotoGP Pasca Insiden Marquez-Rossi

"Insiden dua aktor utama kejuaraan dunia-Marquez-Rossi-di Termas de Rio Hondo menjadi pemberitaan utama"
Insiden Marquez dan Rossi di balapan MotoGP Argentina (LAT Images)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- CEO Dorna Sports-penyelenggara MotoGP, Carmelo Ezpeleta, akhirnya buka suara perihal insiden Marc Marquez dan Valentino Rossi pada MotoGP Argentina.

Insiden dua aktor utama kejuaraan dunia-Marquez-Rossi-di Termas de Rio Hondo menjadi pemberitaan utama. Senggolan sang juara dunia bertahan di Tikungan 13 menyebabkan The Doctor terjatuh.

Sedangkan manuver agresif Marquez berbuah penalti 30 detik dari Race Direction, menambah dua hukuman yang sebelumnya diterima The Baby Alien, yakni ride-through penalty dan turun satu posisi.

Mengenai penalti terhadap pembalap Repsol Honda itu, Ezpeleta membela keputusan yang dibuat FIM MotoGP, Stewards Panel.

"Sejak dua tahun lalu, Dorna tidak terlibat dalam nominasi stewards. Mereka adalah orang-orang yang dinominasikan FIM dan IRTA. Mereka mengambil keputusan, yang jelas tidak akan saya putuskan," katanya.

Baca Juga: Yamaha Ingin Marquez Dihukum Lebih Berat

Menyusul adanya insiden Marquez-Rossi, Ezpeleta mengungkapkan, pihaknya bakal mengadakan pembicaraan dengan para pembalap dan tim.

"Pada (pertemuan) Komisi Keselamatan Grand Prix berikutnya dengan para pembalap, di Austin, kami akan membahas situasi ini dan kami pasti akan mengambil beberapa pengalaman dari hal tersebut," tandasnya.

Sebelumnya Movistar Yamaha memberikan tanggapan serius terkait insiden Rossi dengan Vinales di tikungan ke 13 sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

Bos Yamaha, Lin Jarvis menyebutkan bahwa pihaknya ingin pembalap asal Spanyol tersebut mendapatkan hukuman lebih dari penalty 30 detik.

Pasalnya menurut dia, The Baby Alien telah membahayakan pembalap lain dan membuat balapan MotoGP terlihat buruk.

"Sebagai tim kami tidak dapat menerima aksi seperti ini oleh Marquez," katanya dikutip dari Sky Italia melalui ... Baca halaman selanjutnya