RESMI: MotoGP Luncurkan Balap Motor Listrik Tahun 2019

"Perusahaan energi Enel diumumkan sebagai sponsor utama untuk kejuaraan "
Motor listrik yang akan digunakan dalam balapan MotoE (Motorsport)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Penyelenggar balapan MotoGP, Dorna Sports secara resmi telah meluncurkan kejuaraan dunia baru balap motor. Ajang tersebut merupakan kompetisi adu cepat motor listrik bertajuk FIM MotoE World Cup.

Pada balapan itu, perusahaan energi Enel diumumkan sebagai sponsor utama untuk kejuaraan yang akan debut pada 2019. Sedangkan motor listrik akan menggunakan Energica Ego.

Event peluncuran MotoE juga mengonfirmasikan, bahwa grid akan terdiri dari 18 motor yang meliputi 11 tim di paddock grand prix.

Tujuh tim satelit MotoGP – Tech 3, LCR, Marc VDS, Pramac, Avintia, Angel Nieto dan Gresini–akan menurunkan masing-masing dua motor, sementara empat tim diambil dari kelas Moto2 dan Moto3 akan menjalankan satu motor.

"Dorna bersama dengan FIM sangat senang bisa melangkah maju ke dunia mobilitas listrik, sebuah opsi yang kami anggap sebagai jalan paralel untuk masa depan," kaya CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Selain Enel, Dorna juga melibatkan pihak lain Sustainable Power Partner dari MotoGP–mitra teknis yang kami harapkan dapat bekerja sama dalam usaha baru ini.

Ia meyakini bahwa kejuaraan ini akan menarik minat penggemar MotoGP. Hanya saja di balik itu ia menyebut bahwa Dorna belum memastikan jadwal dan lokasi kompetisi.

Ezpeleta mengaku, kemungkinan balapan tersebut akan digelar di Eropa dan berlangsung sebanyak 5 seri.

"Anda bisa memastikan, bahwa bersama-sama kita bisa membuat kesuksesan MotoE World Cup yang gemilang," ucap dia.(*)