Minim Peserta, Test Event Asian Games Terancam Gagal

"Itu terkait minimnya jumlah peserta dari negara-negara Asia pada cabang sepak bola, bola voli, dan bola basket"
Asian Games 2018 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Panitia Nasional Penyelenggara Asian Games XVIII/2018 (INASGOC) masih menunggu tiga cabang yang akan mengikuti test event pada 10-24 Februari mendatang. Itu terkait minimnya jumlah peserta dari negara-negara Asia pada cabang sepak bola, bola voli, dan bola basket.

Bahkan, sepak bola hingga kini belum ada konfirmasi terkait jumlah negara yang diundang. Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha bakal mengundang tujuh negara.

Namun, seiring waktu, jumlah tersebut kian menyusut. Meski, otoritas tertinggi bal-balan di Tanah Air ini masih menjalin komunikasi intensif dengan beberapa negara untuk mengikuti test event Asian Games 2018.

“Kami masih menunggu konfirmasi dari PSSI. Jika pesertanya kurang dari empat negara, test event itu batal,” ujar Ketua INASGOC Erick Thohir.

Hingga kini, INASGOC sudah memastikan partisipasi dari 21 negara Asia untuk mengikuti test event. Terdapat 1.024 atlet yang akan bertanding untuk pemanasan jelang Asian Games 2018.

Namun, jumlah tersebut masih bisa berubah. Itu terkait dari rencana test event pada cabang sepak bola, bola voli dan bola basket.

“Kami berharap PSSI untuk lebih aktif mengundang negara-negara di Asia. Kami tunggu hingga Rabu, 17 Januari ini,” Erick, menambahkan.

Rencana awal, test event diselenggarakan di tiga lokasi berbeda di Provinsi Jawa Barat. Yaitu, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Wibawa Mukti (Cikarang), dan Pakansari (Bogor).

Hanya, ketiga stadion itu masih dalam tahap renovasi. Opsi lainnya, INASGOC dan PSSI bakal menggelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang baru saja digunakan Indonesia saat uji coba dengan Islandia (14/1). (*)


sumber: topskor.id